Maret 2026: Akhirnya Ngambis (Lagi)

   


    Tepat 7 tahun yang lalu gua memutuskan untuk ngambis, dan sekarang gua balik ngambis lagi untuk purpose dan goal yang berbeda. Kalau dulu targetnya adalah SBMPTN dan alhamdulillah lolos (1 quest completed), kalau yang sekarang adalah target kerja!!

    Ntah udah berapa kali gua bilang kalau gua bosen dan emang sebosen itu. Kayanya gua kalau udah jadi ibu-ibu atau bahkan nenek-nenek bakal tetep banyak kegiatan deh? energi gua banyak banget asli. 

    Jadi gua itu sempet ikut semacam review CV gitu kan, dan katanya punya gua tuh udah bagus, tapi kurang up-to-date aja. Dari situ akhirnya gua berkesimpulan bahwa gua harus upgrade skill supaya tetap relevan dan tentunya hal tersebut bisa dicapai dengan latihan ngoding sebanyak-banyaknya. Sebenernya kalau ngoding lu ngapain aja si wil? Banyak. Kebetulan gua memang lagi ada 2 projek, yang mana satunya adalah skripsi gua yang pengen gua publish jadi paper. Selain itu, gua juga lagi siapin skill untuk coding test yang sangat amat melelahkan tersebut. Udah selesai? belum. Gua juga lagi coba filter personal project apa aja yang mau gua bikin, dan ada rencana balik ikut hackathon biar skill gua makin LEGIT dan itung-itung showcase aplikasi juga hehe.  

Ever since i was a kid, i been legit (azek)

    Kepala gua rasanya puyeng mulu tiap hari, but i'm enjoying it. Lebih pusing kalo gua rebahan doang. Yang ini pusing, tapi seru. Ngerti ga? pusing tapi seru, seru tapi pusing. Kadang kalo udah lagi fokus rasanya kayak orang aneh alias asik sendiri, ya begitulah pokoknya. Gua akan terus ngoding sampai gap skill itu terisi. Gua gak tau sampai kapan, tapi yang jelas sampai target gua terpenuhi lah, enak aje lu wil santai-santai.

    Gua juga udah nawaitu banget TOEFL tahun ini tapi jujur aja gua belum kepegang buat ngerjain predictionnya. Setiap hari gua tuh belajar bahasa inggris, tapi belum pernah yang intensif gitu loh untuk persiapan TOEFL. Untuk saat ini gua harus pilih salah satu dulu: ngoding atau toefl? dan gua pilih ngoding dulu aja yang lebih urgent. Mungkin, mungkin ya.. nanti disela-sela itu gua bakal sempetin tes TOEFL. Target gua itu scorenya paling tidak 600, tapi dengan ritme belajar gua yang sekarang kayanya bakal mentok di 550 (itu juga udah bagus gk sih... stop perfeksionis OH MY GOD).

    Sampai sekarang gua masih ikut kelas tahfidz, dan alhamdulillah udah jalan 3 juz. Minggu depan gua bakal ujian juz 28, dan minggu depannya lagi bakal ujian 3 juz. Gua harus nyuri-nyuri waktu banget buat muroja'ah, karena menghafal ga bisa cepet-cepet, ga bisa mendadak gitu aja. Muroja'ah 3 juz dalam sehari? enggak mungkin.. kecepatan menghafal gua udah gak segokil dulu. Iya, sadar diri aja gua mah (saingan gua bukan orang lain, tapi diri gua sendiri di masa lalu lol). Sebenernya ritme gua muroja'ah ini udah cepet banget. 3 juz 1 bulan kalau di rumah tahfidz mungkin b aja, tapi kalau sambil ngerjain target yang lain ya pusing juga gue. Abis juz 28, bakal lanjut lagi juz 27 dan seterusnya. Tapi kayanya kalau udah sampe juz 20 gua bakal stop dan pindah ke depan karena jujur aje gua sama sekali belum pernah menyentuh juz 19. Dari pada gua ngafal baru mending gua kuatin yang ada dulu aja ga sih T___T itu aja gua udah ngos-ngosan banget huhu ya Allah MAAFIN GUE.

    Ada satu hal yang udah gua rencanain juga dari tahun kemarin: ngurus bookstagram. Gua kangen banget ketemu banyak temen dan sharing tentang buku kesukaan gua dan buku-buku yang lagi dibaca. Gua juga ngerasa skill menulis gua perlu ditingkatkan. Dulu gua tuh suka ikut kelas-kelas gitu, dan kayanya gua pengen ikut kelas nulis lagi. Jangan salah, nulis itu banyak banget jenisnya. Ada nulis berita, fiksi, nonfiksi, artikel, sampai nulis poetry. Semua ada ilmunya. Gua pengen cari tau arah dan gaya tulisan gua itu cocok ke mana, tapi ini sih rencana long-term aja. Nulis itu harus dinikmati (dan gua menikmatinya). Nanti lama-lama juga nemu, yang penting gua aktif dan rutin aja.

    Gua sadar ketertinggalan gua tuh banyak banget, tapi di satu sisi gua juga gak mau grasa-grusu kaya dulu. Santai aja wil, serius tapi santai, santai tapi serius gitu loh. Kalau gabut ya gua nonton anime, kalau pusing ya besoknya pergi jalan-jalan gitu kan WKWKWKWKWKW (orang edan). Otak gua harus tetap dijaga agar tetap gacor dan tidak burn out huftttt. Marathon aja... sprint mulu mah capek (saya sudah merasakan). Hidup itu sejatinya serangkaian sprint kecil yang membentuk maraton panjang, aman aja. Yang penting targetnya kan udah jelas, dan gua juga udah berusaha sebaik mungkin setiap harinya. 0,1% lebih baik setiap harinya nanti lama-lama juga kekumpul. Time will pass anyway, i'll choose it as cool as possible.


0 Comments